Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

iklan

Iklan

Indeks Berita

EDUKASI TERKAIT DIGITAL MARKETING DAN PENGEMBANGAN MODEL BISNIS DIGITAL UNTUK GENERASI Z DIERA 4.0

Kamis, 12 Juni 2025 | 12:45 WIB Last Updated 2025-06-12T05:47:07Z

 

Foto : Kegiatan pengabdian masyarakat ( pkm )

Editor : Tri Wahyudi, RealitaNews.co.id_
‎Kamis, 12 Juni 2025.


Pada masa revolusi industri 4.0, keterampilan di bidang pemasaran digital dan pengembangan bisnis berbasis teknologi menjadi sangat krusial, terutama bagi generasi z. Anak-anak panti asuhan yang termasuk dalam generasi ini perlu memperoleh pembekalan dan pelatihan yang memadai agar dapat bersaing dan mencapai kemandirian ekonomi. Dengan mengikuti pelatihan digital marketing serta memahami konsep bisnis digital, mereka memiliki peluang untuk menggali potensi dunia digital, mengembangkan kemampuan, dan membangun masa depan yang lebih mandiri dan kompetitif.


Terdapat banyak peluang untuk menjalankan usaha, baik dalam bentuk produk maupun jasa. Namun, tidak semua anak panti asuhan mampu memanfaatkannya. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya kemampuan dan pengetahuan mereka dalam menggunakan teknologi informasi (ti) untuk melakukan pemasaran dan penjualan secara online, atau yang dikenal dengan istilah e-commerce.


Edukasi ini disusun untuk memberikan pengetahuan dasar seputar strategi pemasaran digital, pemanfaatan media sosial, serta cara merancang dan mengembangkan model bisnis berbasis online. Materi pelatihan meliputi pembuatan konten yang menarik, pengenalan terhadap platform e-commerce, serta praktik simulasi membangun usaha digital berskala kecil. Dengan metode pembelajaran yang interaktif dan praktis, anak-anak yayasan didorong untuk berpikir kreatif dan kritis dalam menggunakan teknologi sebagai sarana menuju kemandirian ekonomi.


Kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan kepercayaan diri dan menanamkan jiwa kewirausahaan sejak usia dini. Diharapkan, setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta mampu mengaplikasikan ilmu yang diperoleh untuk memulai usaha digital sederhana, baik secara individu maupun bersama. Dengan keterampilan yang mereka miliki, anak-anak yayasan berpeluang lebih besar untuk mengembangkan potensi diri dan bersaing secara positif di era digital.



Yayasan yatim dan dhuafa islahul hayat merupakan lembaga sosial yang bergerak di bidang kemanusiaan dan pendidikan, dengan fokus utama memberikan perhatian, pembinaan, serta pemberdayaan kepada anak-anak yatim dan dhuafa agar mereka dapat tumbuh menjadi pribadi yang mandiri, berakhlak, dan berdaya saing.


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (pkm) dengan judul “Edukasi terkait digital marketing dan pengembangan model bisnis digital untuk generasi z diera 4.0”. Pkm ini dilakukan pada rabu, 07 mei 2025 pada 14.00 – 16.00. Ketua kegiatan ini adalah Putri nurhasanah beranggotakan Ahmad nur jaya, Puput herawati, dan Stefanus jeri mali.



Koordinasi kegiatan pkm di lakukan secara optimal oleh Putri nurhasanah, Ahmad nur jaya, Puput herawati, Stefanus jeri mali dibantu oleh ibu Leoni indrayani s.e, m.m  beserta adik adik dari yayasan yatim dan dhuafa islahul hayat pamulang, tanggerang selatan. Kegiatan ini dihadiri oleh 10 anak yang berada diyayasan tersebut. Diawali denga pembacaan doa bersama yang dipimpin oleh pembawa acara yaitu Puput herawati pada pukul 14.00. Dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua pkm, Putri nurhasanah .


Kepala yayasan yatim dan dhuafa islahul hayat pamulang Isriyanto widodo turut memberikan kata kata sambutan dan apresiasinya. Pemaparan materi yang pertama terkait model digital bisnis dan karakteristik gen z disampaikan oleh Stefanus jeri mali. Dilanjutkan paparan materi terkait strategi bisnis oleh Putri nurhasanah dan sekaligus pembahasan mengenai cara menggunakan e-commerce pada platfrom tiktok oleh Ahmad nur jaya.

 

Para peserta terlihat sangat antusias memperhatikan pemaparan materi dari narasumber tersebut. Hingga akhirnya terjadi diskusi terkait materi tersebut.


Setelah terjadi diskusi selanjutnya yaitu praktek pembuatan kerajinan tangan tempat pensil berbahan dari sedotan dan botol bekas . Kegiatan praktek kerajinan tangan dari sedotan bersama anak-anak panti asuhan ini bertujuan untuk melatih kreativitas, ketelitian, dan keterampilan motorik halus mereka. Selain menjadi sarana hiburan yang edukatif, kegiatan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan jiwa wirausaha sejak dini dengan memanfaatkan bahan sederhana yang mudah ditemukan di sekitar. 


Para peserta sangat berantusias mengerjakan praktek tersebut. Hasil kerajinan tempat pensil dari sedotan dan botol bekas tersebut kemudian diimplementasikan oleh ahmad nur jaya kedalam platfrom e-commerce tiktok yang sudah dijelaskan sebelumnya.para narasumber juga mengajarkan cara perhitungan agar penghasilan  yang di dapatkan dari e-commerce itu menjadi laba (untung). 


Kegiatan pengabdian masyarakat ( pkm ) diakhiri dengan poto bersama dan juga dilakukan penyerahan ucapan terimakasih dan pembagian bingkisan untuk adik adik yayasan. Kegiatan ini adalah bentuk pengabdian kepada  masyarakat sebagai perwujudan tri dharma perguruan tinggi dan akan diselenggarakan secara berkelanjutan.


AUTHORS:

Ahmad Nu Jaya

Puput Herawati

Putri Nurhasanah

Stefanus Jeri Mali



(Red)